Biaya dan Syarat Pendirian CV Tahun 2021

logo wa chatTelp web taamsolusi

Panduan Lengkap Cara Pendirian CV 2021

Dewasa ini, masyarakat Indonesia sudah mulai terjun ke dunia wirausaha. Pelaku usaha semakin banyak ditemui, bahkan dilakukan oleh berbagai kalangan. Hal ini berdampak positif karena dapat mengurangi angka pengangguran.

Selain Perseroan Terbatas, di Indonesia juga ada badan usaha yang cukup populer yaitu CV (Perseroan Komanditer). Banyak pelaku usaha yang lebih memilih untuk mengurus pendirian CV daripada PT. Alasannya karena prosedur pengurusan CV jauh lebih mudah dibanding dengan pendirian PT, apalagi bagi pelaku usaha mikro.

Pengertian CV

Perseroan Komanditer (CV) merupakan salah satu bentuk usaha yang tidak berbadan hukum, sebab tidak Undang-Undang khusus yang mengaturnya. Regulasi CV tertuang di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dan Permenkumham No. 17 Tahun 2018.

Suatu perusahaan bisa disebut CV apabila didirikan oleh minimal 2 orang WNI. Kedua pendiri CV akan berperan sebagai pengurus, yang disebut dengan sekutu komanditer dan sekutu komplementer. Sekutu komanditer ibaratnya komisaris yang tidak bertindak secara langsung, sedangkan sekutu komplementer adalah pengurus aktif yang bertindak secara langsung mengurus perusahaan.

Modal Awal Pendirian CV

Tidak ada aturan khusus dalam penentuan besar modal awal pendirian CV. Karena hanya didasarkan pada kesepakatan para pengurus.

Biaya Pendirian CV

Bagi pelaku usaha yang memiliki keterbatasan modal lebih banyak memilih untuk mengurus izin CV saja. Untuk biaya pendirian CV di masing-masing daerah tidak sama. Bahkan dapat berubah dari tahun ke tahun, bisa lebih tinggi atau lebih murah.

Beberapa pelaku usaha yang minim info terkait pendirian CV biasanya akan meminta bantuan pihak ketiga, dalam hal ini adalah jasa pendirian CV untuk mengurus segala hal.

Pemilihan Nama CV

Dalam pemilihan nama CV tidak ada kaidah atau patokan khusus. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak nama CV yang hampir mirip. Untuk mendaftarkan CV melalui Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU), maka pemilihan nama diusahakan menggunakan nama yang belum digunakan oleh CV lain secara sah.

Tahapan Prosedur Pendirian CV

Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mengajukan izin pendirian CV, antara lain :

  1. Mempersiapkan semua kelengkapan data CV, seperti: nama CV, alamat, susunan pengurus, maksud dan tujuan pendirian CV serta jenis usaha yang dijalankan.
  2. Melakukan pemesanan nama di SABU, gunanya untuk memastikan bahwa nama CV belum dipakai CV lain
  3. Membuat Akta pendirian CV di depan notaris, dengan membawa kelengkapan berikut:
  • Fotokopi e-KTP pengurus
  • Fotokopi KK pengurus
  • Fotokopi NPWP pengurus
  • Fotokopi bukti kepemilikan tempat usaha
  • Fotokopi sertifikat pelunasan PBB
  • Fotokopi Surat Domisili
  1. Melakukan registrasi melalui SABU dan melampirkan akta notaris. Selanjutnya Anda tinggal menunggu Surat Keterangan Terdaftar yang disahkan oleh keMenKUMHAM keluar
  2. Mendaftarkan izin usaha untuk mendapatkan NIB dan izin usaha komersial melalui laman OSS.

Hal-hal yang Perlu dilakukan setelah pendirian CV berhasil

  1. Melaporkan jumlah tenaga kerja yang terlibat

Wajib lapor tenaga kerja dilakukan di situs  http://wajiblapor.kemnaker.go.id/. Hal ini perlu dilakukan sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 1981 dan peraturan Menteri tenaga Kerja dan transmigrasi tahun 2006.

  1. Perusahaan wajib menjaga segala dokumen perusahaan

Penting sekali untuk menyimpan dokumen perusahaan dengan baik, terutama berkas yang harus diperpanjang karena habis masa berlakunya.

  1. Membuat perjanjian tertulis

Perjanjian tertulis perlu sekali dilakukan setiap kali bertransaksi dengan pihak lain demi meminimalisir konflik antar pengusaha

  1. Membayar pajak

Sebagai warga negara yang bijak, sudah sepatutnya jika Anda taat dalam membayar pajak. Besaran jumlah pajak tidak sama antara pengusaha yang satu dengan pengusaha yang lain tergantung dengan besar kecilnya omzet.

  1. Mendaftarkan merek produk

Pendaftaran merek produk ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadi over klaim oleh pihak lain atas penjiplakan ide dan sebagainya.

Demikianlah uraian lengkap tentang pendirian CV 2021. Semoga berguna bagi Anda yang ingin mengurus pendirian CV.