MICE Dinas Pariwisata

Mice diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan : usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.
Sedangkan menurut Kesrul (2004:3), Mice sebagai suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan sekelompok orang secara bersama-sama, rangkaian kegiatannya dalam bentuk meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.

Klasifikasi

1. Meeting
Meeting adalah istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan. Meeting merupakan suatu kegiatan yang termasuk di dalam MICE.
Menurut Kesrul (2004:8), Meeting Suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan.
Menurut Kesrul (2004:3), “Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama”.

2. Incentive
Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), Menjelaskan bahwa perjalanan insentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Kesrul (2004:18), bahwa insentive merupakan hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien, atau konsumen. Bentuknya bisa berupa uang, paket wisata atau barang.
Menurut Any Noor (2007:5) yang dikutip dari SITE 1998 dalam Rogers 2003, juga memberikan definisi mengenai incentive adalah incentive travel is a global management tool that uses an exceptional travel experience to motivate and/or recognize participants for increased levels of performance in support of the organizational goals.

3. Conference
Menurut (Pendit,1999:29), Istilah conference diterjemahkan dengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang mengandung pengertian sama.
Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim mice sesungguhnya adalah istilah yang memudahkan orang mengingatnya bahwa kegiatan-kegiatan yang dimaksud sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting, incentive, conference dan exhibition hakekatnya merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan. Kegiatan-kegiatan ini dalam industri pariwisata dikelompokkan dalam sati kategori, yaitu mice.
Menurut Kesrul, (2004 :7), Conference atau konferensi adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan terutama mengenai bentuk-bentuk tata karena, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, dua perjanjian antara negara-negara para penguasa pemerintahan atau perjanjian international mengenai topik tawanan perang dan sebagainya.

4. Exhibition
Exhibition berarti pameran, dalam kaitannya dengan industri pariwisata, pameran termasuk dalam bisnis wisata konvensi. Hal ini diatur dalam Surat Keputusan Menparpostel RI Nomor KM. 108 / HM. 703 / MPPT-91, Bab I, Pasal 1c, yang dikutip oleh Pendit (1999:34) yang berbunyi “ Pameran merupakan suatu kegiatan untuk menyebar luaskan informasi dan promosi yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata
Menurut Kesrul (2004:16), exhibition adalah ajang pertemuan yang dihadiri secara bersama-sama yang diadakan di suatu ruang pertemuan atau ruang pameran hotel, dimana sekelompok produsen atau pembeli lainnya dalam suatu pameran dengan segmentasi pasar yang berbeda.

Syarat izin MICE

Mengisi Formulir Isian Dengan Pas Photo Berwarna Uk.4×6

Copy Akte Pendirian Perusahaan (PT) Yang Maksud Dan Tujuan Usahanya Khusus: Bergerak Dibidang Konvensi Perjalanan Insentif Dan Pameran Kepariwisataan Sesuai Dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.79 Tahun 2003, yaitu :

Merencanakan Dan Dapat Melaksanakan Penawaran (Dibidang Penyelanggaraan Konvensi, Perjalanan Insentif dan Kepariwisataan

Menyusun Perencanaan Dan Pengelolaan Anggaran Untuk Menyelenggarakan Konvensi Perjalanan Insentif Dan Pameran Kepariwisataan

Menyusun Persiapan Pra Dan Pasca Perjalanan Konvensi Menyelenggarakan Kegiatan Kesekretariatan Penyelenggaraan Konvensi Perjalanan Insentif Dan Pameran Kepariwisataan

Mengkoordinasikan Penyelenggaraan Transportasi, Menyiapkan Tempat Penyelenggaraan Konvensi, Perjalanan Insentif Pameran Kepariwisaan;

Mengkoordinasikan Keperluan Akomodasi

Mengkoordinasikan Kegiatan Promosi Dan Public Relation

Mengurus Perizinan Penyelenggaraan Konvensi Dan Pameran Kepariwisataan

Mengurus Kemudahan Prsedur Bea Cukai Keimigrasian Dan Karantina Bagi Peserta Konvensi

Modal Dasar Perusahaan Minimal Rp.2.500.000.000,-

Copy Pengesahan Akte Dari Dept.Kehakiman Dan HAM RI

Copy NPWP

Copy Domisili

Izin Temapat Usaha (UUG) Yang Masih Berlaku Dari Pemda Dki Jakarta

Bukti Kepemilikan Tempat / Surat Kontrak & PBB

IMB dan IPB Bangunan Kantor.

Bukti Setor Modal Usaha Pada Rekening Perusahaan Minimal Rp.500.000.000,-

Referensi Bank

Proyek Proposal/Hasil Studi Kelayakan

Memiliki Tenaga Ahli/Berpengalaman Dibidang Pengelolaan PCO Min.3 (tiga) orang

Luas Kantor Minimal 60 (Enam Puluh)m2

 

– Lama proses : 20 hari kerja
– Harga pasti MURAH
– Dokumen pick up and delivery system (sistem antar jemput).